0 item in the bag

No products in the cart.

Hostel, Homestay & Guest House Murah di Semarang

Mengenang Sejarah di Kota Semarang

Mendengar kata Semarang, apa sih yang langsung terpikirkan sama kalian? Lawang Sewu? Gereja Blenduk? Tugu Muda? atau malah makanannya aja nih?

Di setiap kota pasti punya ikon-nya masing masing seperti Jakarta dengan Monasnya, Jogja dengan Tugu 0 km nya, atau Surabaya dengan patung Sura dan Baya nya. Di Kota Semarang juga ada dua ikon yang terkenal yaitu Lawang Sewu dan Tugu Muda. Dua ikon ini saling berhadap-hadapan dan letaknya pun berada di tengah Kota.

Lawang Sewu sendiri di bangun pada masa pemerintahan belanda dan berfungsi sebagai gedung pemerintahan di masa itu. Kalau Tugu Muda sendiri di bangun oleh rakyat Semarang untuk mengenang suatu pristiwa bersejarah dan kali ini Rumah Teman akan berbagi info mengenai sejarah di balik Tugu Muda buat teman-teman semua.

Tugu Muda sendiri di bangun pada tanggal 10 November 1950 dan di resmikan oleh Ir. Soekarno pada 20 Mei 1953. Tugu ini di bangun untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang. Pertempuran Lima Hari Di Semarang ini adalah perjuangan warga Semarang untuk memukul mundur tentara Jepang saat masa transisi kekuasaan ke Belanda pada tanggal 14-19 Oktober 1945. Penyebab pecahnya pertempuran ini dikarenakan lari nya tentara Jepang dan Meninggalnya Dr. Kariadi.

Banyak sekali kejadian yang terjadi selama pertempuran 5 hari di Semarang mulai teracuni nya sungai banjir kanal hingga pencegatan tentara Jepang yang hendak melarikan diri.

Kalau kamu penasaran banget gimana sih gambarannya pada masa itu? seperti apa perjuangan para pahlawan yang ada di Semarang saat awal kemerdekaan Indonesia bisa kamu lihat di acara peringatan pertempuran lima hari di Semarang yang diadakan setiap tahunnya pada tanggal 14 Oktober di Tugu Muda. Disana akan ada upacara dan penampilan theatrical tentang perjuangan para pahlawan di pertempuran lima hari di Semarang tersebut.

Nah, kalau kamu dari luar kota pengen banget nih datang ke acara peringatan tersebut bisa banget nih nginepnya di Rumah Teman . Lokasinya sangat dekat dengan Tugu Muda. Gak usah bingung cari tempat parkir karena kamu bisa kesana hanya dengan jalan kaki lho.

Gimana? Penasaran?…Ayo jalan jalan ke Semarang!

Referensi : id.wikipedia.com
Image : Tribunnews