0 item in the bag

No products in the cart.

Hostel, Homestay & Guest House Murah di Semarang

SEMARANG WITH IT’S DIVERSITY

Dimana tempat ibadahmu?

SEMARANG WITH IT’S DIVERSITY

Halo, Teman-teman semua, Gimana nih kabarnya hari ini? Semoga baik semuanya ya…

Kalian tau kan Indonesia itu sangat beragam mulai dari bahasa, suku budaya hingga agama nya. Nah, di Kota Semarang kalian juga bisa melihat secara nyata keberagaman agama di Semarang dan sejarah-sejarahnya dengan mengunjungi berbagai tempat ibadah di Kota Semarang.

Hari ini admin mau memberi list tempat ibadah mana yang wajib kamu kunjungi ketika di Kota Semarang. Yuk intip tempatnya sekarang.

1. MASJID

MAJT https://www.instagram.com/inaya.kaass/

Buat kamu yang beragama Islam atau kalian yang ingin mengetahui tentang tempat ibadah umat Islam, Masjid adalah tempat yang bisa kalian kunjungi. Kota Semarang memiliki sebuah masjid bahkan terbesar di Jawa Tengah yaitu Masjid Agung Jawa Tengah atau disingkat MAJT. Di MAJT kaling gak hanya bisa melihat kemegahan arsitektur dan beribadah di dalamnya, tapi kalian juga bisa melihat keindahan Kota Semarang dari ketinggian. MAJT memiliki menara Al-Husna dengan tinggi 99 meter. Di dalam menara Al Husna terdapat menara pandang dengan 5 teropong di lantai 19, museum sejarah Islam di lantai dua dan tiga nya, dan Restoran yang dapat berputar 360 derajat di lantai 18. Lantai 19 juga menjadi tempat untuk melakukan Rukyatul Hilal dengan teropong canggih dari Boscha, Bandung.
Selain MAJT kamu juga bisa berkunjung ke Masjid Agung Kota Semarang yang pertama kali ada di Semarang yaitu Masjid Kauman, selain itu juga ada Masjid Baiturrahman yang berada di Simpang 5.

2. GEREJA

Image result for gereja blenduk
http://exploresemarang.com/gereja-blenduk-kota-lama/

Selanjutnya kita mengintip tempat ibadah umat Kristen dan Katolik di Semarang yaitu Gereja. Gereja paling ikonik dan bersejarah di Semarang adalah Gereja Blenduk. Gereja Blenduk sendiri adalah gereja Kristen tertua peninggalan Belanda, disebut blenduk karena kubah gereja yang berbenduk bulat. Gereja ini sesungguhnya memiliki nama GPIB Immanuel. Yang menarik dari gereja ini bukan hanya sejarahnya dan gereja tertua di Semarang yang masih aktif, namun di dalam gereja ini terdapat Orgel Barok (Piano klasik) yang hanya ada satu-satunya di Indonesia. Nah, selain Gereja Blenduk kalian juga bisa berkunjung ke Gereja Katedral Semarang yang juga berumur cukup tua karena direnovasi tahun 1927 dan diresmikan menjadi katedral pada tahun 1937.

3. VIHARA

Bangunan Utama Pagoda Buddhagaya

http://exploresemarang.com/pagoda-avalokitesvara-di-vihara-buddhagaya-watugong/

Tempat selanjutnya yang bisa kita kunjungi adalah Vihara/Pagoda yang merupakan tempat ibadah umat Hindu. Di Kota Semarang terdapat tiga vihara yang luas dan dengan arsitektur yang indah. Salah satunya yang terkenal adalah Vihara Buddhagaya yang terletak di Pudakpayung, Banyumanik, sekitar 30-45 menit dari pusat Kota Semarang. Vihara ini memiliki arsitektur yang kental dengan nuansa thailand. Di dalam vihara ini juga terdapat patung Dewi Kwan Im setinggi lima meter dan Bangunan lain yang terdapat di dalam vihara yaitu Watugong, Plaza Borobudur, Kuti Meditasi, Kuti Bhikku, Taman bacaan masyarakat, Buddha Parinibana, Abhaya Mudra dan Pohon Bodhi. Selain vihara Buddhagaya ada juga Vihara Tanah Putih, vihara ini nampak indah dengan gedung bernuansa putihnya. Ada juga Vihara Mahavira Graha yang disebut-sebut vihara terluas di Jawa tengah dengan luas lahan 1688 ha. Vihara ini juga memiliki arsitektur yang megah dan indah.

4. KLENTENG

kelenteng tay kak sie


http://seputarsemarang.com/kelenteng-tay-kak-sie-7419/

Klenteng paling terkenal di Semarang adalah Klenteng Sam Poo Kong yang memiliki cerita tentang laksamana Cheng Ho. Arsitektur khas dengan keindahannya dan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan disana contohnya kuliner di bazar makanan yang ada dan mengambil foto di berbagai spot yang cantik menjadi daya tariknya. Bukan hanya klenteng Sam Poo Kong saja. Semarang juga memiliki klenteng bersejarah dan paling tua yaitu, klenteng Tay Kak Sie. Klenteng yang didirikan tahun 1746 ini adalah klenteng terbesar dan tertua di Kota Semarang dan menjadi pusat bagi seluruh perayaan keagamaan tiong hoa di Kota Semarang. Klenteng Tay Kak Sie telah ditetapkan sebagai cagar budaya sejak 1992. Keindahan arsitektur khas tiongkok klasik menjadi daya tarik para pemburu foto. Jika kalian ingin pergi kesini klenteng ini buka dari 07.00 – 18.00 dan lebih baik kalian izin terlebih dahulu oleh pengurus klenteng karena klenteng ini juga masih aktif digunakan untuk ibadah.

5. PURA

https://situsbudaya.id/pura-agung-giri-natha-semarang/

Tempat ibadah terakhir yang patut kamu kunjungi ketika di Semarang adalah Pura Agung Giri Natha. Pura ini berada cukup dekat dengan Pusat kota namun ketenangannya tidak tergangu oleh hiruk pikuk kota. Buat kamu yang mencari nuansa yang tenang buat liburan, tempat ini adalah salah satu yang bisa kamu kunjungi. Pura ini suddah dibangun sekitar tahun 1968 namun baru diresmikan pada tahun 2004. Pura ini sekarang juga Menjadi Pura pusat untuk Wilayah Jawa Tengah. Disini juga tersedia berbagai pedagang yang menjajakan makanan khas pulau Bali yang rasanya otentik. Semakin menarik kan.

Gimana, udah puas belum ngintipnya? Kalau belum puas langsung aja ke Kota Semarang. Semarang selalu menunggu kedatanganmu.

Referensi : https://id.wikipedia.org
http://www.tanahputih.org/