4 Kuliner Legendaris di Semarang yang terdekat dari Rumah Teman

  1. Lumpia Gang Lombok

Di setiap kota pasti memiliki makanan yang legendaris, salah satunya Kota  Semarang yang memiliki ragam kuliner legendaris di tiap sudut kotanya, yang sampai saat ini masih diminati masyarakat lokal dan para wisatawan. Ada yang bilang kamu belum berkunjung ke suatu kota kalau belum merasakan kuliner khasnya.  Kalau kamu sedang jalan-jalan di Semarang dan menginap di Rumah Teman Homestay yang merupakan penginapan murah di Semarang, berikut 6 kuliner legendaris Semarang  yang terdekat dari Rumah Teman Homestay.

Credit : ksmtour.com

Lumpia dikenal sebagai makanan khas Semarang. Salah satu kedai lumpia yang terkenal dan termasuk kuliner legendaris Semarang yaitu Lumpia Gang Lombok. Kedai lumpia ini didirikan oleh pasangan Tjoa Thay Joe dari Tiongkok dan Mbok Wasih dari Semarang. Kuliner ini kerap dikunjungi oleh masyarakat lokal dan wisatawan. Lumpia Gang Lombok menyajikan lumpia basah dan kering yang berisi rebung, dan biasanya ditambahkan dengan acar timun dan saus cocolan sebagai pelengkap. Lumpia Semarang Gang Lombok ini bisa memproduksi 300 lumpia setiap harinya. Harga satu lumpia semarang ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 15.000. Jam Operasional Lumpia Gang Lombok pukul 07.00-17.00 dan buka setiap hari. Lokasi Lumpia  Gang Lombok berada di Gang Lombok Nomor  11, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah.  Tempatnya cukup dekat dengan Rumah Teman Homestay, apabila menggunakan motor atau mobil hanya 15 menit.

  • Toko Oen

Toko Oen merupakan salah satu kuliner legendaris Semarang, yang sudah buka sejak tahun 1936. Tempat makan ini berada di Jl. Pemuda Nomor  52, menyajikan menu-menu campuran Eropa, Jawa dan Tionghoa seperti bistik lidah sapi, lumpia Semarang, dan aneka es krim.  Bangunan Toko Oen hingga saat ini tetap mempertahankan bangunan lawasnya dengan desain gaya Belanda dan memiliki vibes tempo dulu. Gaya penyajian makanannya pun terbilang lawas dengan memakai peralatan makan jaman dulu. Selain suasananya yang lawas dan bangunannya yang unik, citra rasa makanan yang disajikan di Toko Oen ini juga yang membuat  terkenal di kalangan masyarakat lokal dan wisatawan. Harga hidangan di Toko Oen bervariasi, mulai dari Rp. 15.000 – Rp.300.000. Jam operasinalnya setiap hari pukul 10.00-21.00 WIB. Perjalanan menuju Toko Oen dari Rumah Teman Homestay bisa ditempuh selama 10 menit dengan menggunakan mobil atau motor.

Credit : Travelingyuk.com
  • Leker Paimo

Leker Paimo termasuk salah satu kuliner legendaris Semarang yang sudah ada sejak tahun 1993. Leker Paimo berada di Jalan Karang Anyar Nomor 37, depan SMA Loyola Semarang. Sesuai dengan namanya, pemilik usaha leker ini adalah Paimo. Yang membuat Leker Paimo terkenal yaitu karena rasanya yang berbeda dengan leker lainnya, selain itu Leker Paimo memiliki banyak varian rasa mulai dari yang manis hingga yang asin. Antrian di jajanan legendaris ini sering kali membludak, pembelinya tak hanya konsumen yang datang langsung ke lokasi tapi juga pesanan dari para ojek online. Jam Operasional Leker Paimo setiap hari senin-sabtu mulai pukul 10.00-17.00. Lokasi kuliner legendaris yang satu ini juga tidak jauh dari Rumah Teman, bisa ditempuh sekitar 15 menit menggunakan mobil atau motor.

Credit : Tribun Travel
  • Tahu Gimbal Pak Edi

Di Semarang banyak tempat makan yang menjual tahu gimbal. Namun ada salah satu tempat makan tahu gimbal yang sangat legendaris dan sudah eksis sejak tahun 1972 yaitu Tahu gimbal Pak Edi Tidak Buka Cabang. Karena banyak warung lain yang menggunakan nama yang mirip, maka supaya teman-teman tidak salah alamat, warung tahu gimbal Pak Edi memiliki ciri khas khusus yaitu terdapat tulisan “Tidak Buka Cabang” pada banner yang dipasang di depan warung. Warung Tahu Gimbal Pak Edi Tidak Buka Cabang ini memiliki citra rasa yang khas dan berbeda dari yang lain, sehingga banyak para wisatawan yang datang ke warung ini. Lokasi warung makan ini berada di Jalan Pandanaran 2 Nomor 117, tepatnya di samping Taman Indonesia Kaya Semarang. Jam operasionalnya setiap hari mulai dari jam 12.00-22.00 WIB. Estimasi waktu untuk menuju ke warung makan ini hanya sekitar 10 menit dari Rumah Teman Homestay dengan menggunakan mobil atau motor.

Credit : Telusuri.id