Itinerary Seharian di Semarang. Hunting Foto sampai Kulineran di Destinasi ini!

Jika memiliki rencana untuk berlibur ke Semarang, tetapi hanya memiliki waktu yang terbatas kamu tidak perlu khawatir. Karena di Semarang, kamu bisa berkunjung ke beberapa destinasi wisata hanya dalam kurun waktu sehari.

Nah, ini dia beberapa destinasi wisata di Kota Semarang yang bisa kamu kunjungi dalam waktu sehari

1.Lawang Sewu & Tugu Muda Semarang

Jika berlibur ke Semarang, tempat pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Lawang Sewu dan Tugu Muda. Gedung yang didirikan pada masa pemerintahan Belanda ini memiliki cerita panjang dan dapat dikatakan sebagai bukti awal sejarah perkembangan per keretaapian di Nusantara. Lawang sewu awalnya hanya digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api swasta Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappi (NISM).

Bangunan bersejarah ini sekarang menjadi milik PT. Kereta Api Indonesia (KAI) dan difungsikan sebagai tempat wisata sejarah yang menyimpan foto-foto zaman dulu dan peninggalan per keretaapian. Untuk mengabadikan momen liburan, kamu juga bisa berfoto menggunakan pakaian adat Jawa atau pakaian ala Belanda yang disediakan pengelola untuk disewa kepada pengunjung.

Bangunan ikonik ini buka setiap hari Senin – Minggu, mulai pukul 08.00 – 20.00. Sementara, pada libur nasional jam operasional kemungkinan berbeda.

2. Kota Lama Semarang

Seperti ada yang kurang rasanya kalau ke Semarang tapi tidak mampir ke Kota Lama Semarang. Setelah revitalisasi, Kota Lama Semarang memiliki “wajah baru” yang lebih cantik dan eksotik. Kota Lama Semarang merupakan kawasan cagar budaya yang selalu memiliki daya tarik untuk dikunjungi.

Selain menikmati keindahan bangunan-bangunan yang eksotis, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru seperti berkeliling Kota Lama Semarang dengan menyewa vespa antik atau sepeda. Kamu juga bisa berfoto di tempat instagramable. Contohnya, kamu dapat berfoto di Rumah Akar, Gedung Marba, Gereja Blenduk. Kalau kamu mau mendapatkan hasil foto yang unik, kamu bisa seru-seruan di 3d Trick Art Museum.

Selain itu, kamu juga bisa mencicipi kuliner dengan nuansa klasik di Spiegel Bar and Bistro atau Tekodeko Koffiehuis. Jika ingin berburu produk-produk ekonomi kreatif, kamu bisa mengunjungi Creative Hub Semarang.

3. Loenpia Mbak Lien

Selain destinasi wisata, Semarang juga menawarkan banyak kuliner lezat yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, salah satunya Loenpia Mbak Lien. Loenpia Mbak Lien terletak di Jalan Gang Grajen Pemuda Nomor 1 Pandansari, Kecamatan Semarang Tengah.

Walaupun berada di gang kecil, toko Loenpia Mbak Lien tidak pernah sepi pengunjung. Tersedia dua jenis lumpia yang bisa dinikmati disini yaitu lumpia basah dan lumpia kering. Lumpia basah memiliki tekstur basah karena tidak digoreng dan bisa langsung dimakan. Walaupun tidak digoreng, lumpia basah aman dimakan karena isi serta kulit lumpianya sudah matang. Sementara lumpia kering memiliki tekstur kering karena digoreng terlebih dahulu.