Tips Solo Traveling Untuk Pemula Ala Rumah Teman Hostel & Homestay

Solo traveling merujuk pada kegiatan menjelajahi destinasi baru secara independen atau tanpa teman. Solo traveling memberikan kesempatan unik untuk penemuan diri, membangun kepercayaan diri, dan merangkul kebebasan untuk membuat rencana sendiri. Kegiatan ini sedang di gemari para anak muda yang ingin mencari pengalaman explore di berbagai wilayah. Meskipun dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan, solo traveling juga membutuhkan perencanaan yang hati-hati dan matang terutama bagi pemula. Sebelum melakukan solo traveling, kamu wajib simak tips solo traveling ala Rumah Teman agar perjalananmu menyenangkan dan lancar. Berikut beberapa tips nya :

  1. Melakukan Riset dengan Teliti

Rencanakan perjalanan dengan cermat, cari tahu tentang destinasi yang akan kamu kunjungi. Cari tahu harga tiket menuju tempat tersebut, akomodasi, tiket tempat wisata, budaya sampai jam operasional transportasi umum di sana. Selain riset melalui internet, kamu juga bisa berdiskusi dengan teman yang pernah solo traveling. Langkah ini sangat dibutuhkan untuk menemukan pilihan terbaik dalam mempersiapkan solo traveling.

2. Budgeting dan Itinerary

Hal yang wajib diperhatikan saat ingin melakukan solo traveling yaitu mengenai biaya atau budget selama traveling. Kamu harus membuat anggaran dan rencana perjalanan yang matang. Buatlah perencanaan secara detail, mulai dari rencana perjalanan dari awal hingga akhir, rincian transportasi yang akan digunakan, wisata apa saja yang ingin dikunjungi dan penginapan. Pilihlah penginapan yang dekat dengan tempat wisata, untuk menghemat biaya transportasi dan menghemat waktu. Dengan membuat rincian tersebut, sehingga kamu dapat menentukan berapa banyak biaya yang akan kamu butuhkan selama traveling.

3. Pack Light

Ketika solo traveling kamu harus membawa barang bawaan sendirian, terutama saat perjalanan ke penginapan atau berpindah ke suatu tempat. Supaya tidak menyusahkan kamu nantinya, bawalah barang yang penting saja, ringan dan sudah pasti berguna.

4. Pastikan Membawa Seluruh Dokumen Penting

Dokumen penting seperti identitas diri, paspor, hingga tiket transportasi perjalanan, harus dipastikan telah tersedia di dalam tas bawaan. Selain itu, kamu disarankan membuat salinan digital atau soft copy dari dokumen penting tersebut untuk mengantisipasi apabila dokumen asli tertinggal atau hilang.

5. Tetap Terhubung Dengan Keluarga

Sebelum melakukan solo traveling pastikan kamu sudah memberi tahu keluarga atau teman mengenai jadwal perjalananmu. Beri kabar secara teratur agar mereka tahu keberadaanmu sehingga tidak khawatir. Supaya lebih aman, catat nomor telepon orang terdekat kamu di kertas atau buku note yang akan kamu bawa agar jika kamu kesulitas menemukan ponsel, kamu tetap memiliki nomor penting tersebut.

6. Sedia Obat-Obatan Pribadi

Jangan lupa menyediakan obat-obatan pribadi saat berpergian sendiri. Siapkan juga beberapa obat pelengkap, seperti obat anti mual, paracetamol, vitamin, dan lain sebagainya. Letakkan obat-obatan pada kotak atau pouch sendiri dan tidak tercampur dengan barang lain, supaya apabila ada keadaan darurat kamu lebih mudah mencarinya. Selain itu, sebelum berangkat kamu harus pastikan kesehatanmu dalam keadaan baik-baik saja.