Wisata Religi Terpopuler di Semarang

Kota Semarang memiliki sejumlah tempat ibadah berbagai agama yang menjadi daya tarik wisata religi. Para wisatawan mengunjungi tempat wisata religi ini biasanya untuk berziarah.  Namun, arsitektur bangunannya yang keren dan unik juga cocok untuk foto-foto Instagramable. Tentunya beberapa objek wisata religi ini lokasinya tidak jauh dari Rumah Teman Hostel dan Homestay. Penasaran dengan objek wisata religi tersebut ? Berikut beberapa wisata religi yang bisa kalian kunjungi di Semarang dan dekat penginapan Rumah Teman Hostel.

  1. Klenteng Sam Poo Kong
Credit : tiket.com

Klenteng Sam Poo Kong terdiri dari beberapa bangunan bernuansa merah khas Tionghoa. Klenteng ini memiliki sejarah yang menarik karena sering dikaitkan dengan pelayaran Laksamanan Ceng Ho dari Tiongkok ada abad ke-13. Wisata religi yang satu ini menjadi tempat ibadah umat Tri Dharma. Tetapi sekarang tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, saat Tahun Baru Imlek, Klenteng Sam Poo Kong menyajikan sejumlah hiburan yang bisa dinikmati semua masyarakat  seperti atraksi barongsai. Hiburan lainnya juga sering diadakan di objek wisata religi yang satu ini, seperti yang sedang ramai saat ini yaitu konser para musisi Indonesia. Desain arsitekturnya yang cantik dan mewah, juga cocok untuk latar foto kalian. Sam Poo kong buka setiap hari, mulai dari jam 08.00-20.00. Lokasi Klenteng Sam Poo Kong sangat strategis dan tidak jauh dari pusat kota, yaitu di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Barat. Estimasi waktu perjalanan dari Rumah Teman Hostel hanya  5 menit menggunakan kendaraan dan 20 menit jalan kaki.

  • Gereja Blenduk
Credit : tribunjatengwiki

Tempat ibadah yang satu ini merupakan peninggalan Belanda ang dibangun pada tahun 1753. Gereja Blenduk memiliki bentuk kubah yang unik tak seperti gereja pada umumnya, karena itu gereja ini dinamakan “blenduk”.  Kubahnya berbentuk heksagonal yang menyerupai masjid. Namun, nama asli gereja ini yaitu Gereja GPIB Immanuel atau Gereja Protestan Indonesia Barat Immanuel. Gereja Blenduk juga populer sebagai gereja Kristen tertua di Provinsi Jawa Tengah. Tak heran jika tempat ibadah ini menjadi salah satu destinasi wisata religi di Semarang. Gereja ini kerap jadi sasaran lokasi atau spot foto wisatawan  yang berkunjung ke kawasan Kota Lama Semarang. Selain itu juga sering dijadikan tempat foto pre-wedding .  Gereja Blenduk terletak di kawasan Kota Lama Semarang, di Jl. Letjen Suprapto No.32, Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara. Untuk menuju ke wisata religi kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi atau ojek online dengan estimasi waktu 15 menit dari Rumah Teman Backpacker.

  • Masjid Agung  Jawa Tengah
Credit : Surau.co

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan masjid provinsi bagi provinsi Jawa Tengah, yang diresmikan pada tanggal 14 November 2006. Arsitektur masjid ini dirancang dalam gaya campuran Jawa, Islam dan Romawi. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid ini juga dipersiapkan sebagai objek wisata religius. Di dalam area MAJT terdapat Menara Asma Al-Husna setinggi 99 meter, kalian bisa melihat keindahan kota Semarang melalui puncak menara ini. Selain itu, MAJT juga mempunyai kubah-kubah raksasa yang bisa dibuka tutup seperti di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Area MAJT mempunyai banyak spot foto yang Instagramable. Lokasinya terletak di Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari. Jaraknya tidak jauh dari Rumah Teman Hostel, hanya 20 menit menggunakan kendaraan pribadi.

  • Pagoda Avalokitesvara Watugong
Credit : wisatapedi.com

Di Semarang juga terdapat Pagoda yang populer sehingga menjadi salah satu tujuan wisata religi, karena bangunannya yang keren dan unik. Pagoda ini dikenal dengan nama Pagoda Avalokitesvara Watugong atau Pagoda Watugong. Terdiri dari tujuh lantai dengan tinggi mencapai  45 meter dan telah tercatat pada Museum Rekor Indonesia sebagai salah satu pagoda tertinggi di Indonesia.  Tingkat ini dimaknakan sebagai kesucian yang akan dicapai oleh petapa setelah mencapai tingkat ke tujuh. Masyarakat setempat telah menjadikan Pagoda ini sebagai salah satu wisata religi Semarang yang wajib dikunjungi saat tertentu. Wisata religi yang satu ini terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kec. Banyumanik. Jaraknya juga tidak jauh dari Rumah Teman Hostel, estimasi waktu 25 menit menggunakan kendaraan pribadi.

  • Masjid Kapal Keselamatan Semarang
Credit : Inibaru.id

Salah satu objek wisata religi yang terbaru, viral sejak tahun 2017 lalu karena bangunannya yang unik. Bentuk bangunannya mirip masjid yang ditampung diatas kapal raksasa sehingga masyarakat menyebutnya Masjid Kapal, namun sebenarnya masjid ini belum mempunyai nama yang resmi.  Masjid dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti lembaga pendidikan agama Islam dan pesantren serta klinik kesehatan . Bangunan ini terdapat empat lantai dengan fungsi yang berbeda-beda. Dilantai empat kalian bisa melihat pemandangan alam yang indah dan bisa menjadi spot foto. Para pengunjung biasanya mengambil foto di depan masjid dengan latar Masjid Kapal ini. Masjid Kapal terletak di Jl. Kyai Padak, Podorejo, Kec. Ngaliyan. Dari Rumah Teman Homestay dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan estimasi waktu 30 menit.